Selasa, 08 April 2014
MERCEDES-BENZ Luncurkan Mesin OH 1521 Euro 3
PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI), merevitalisasi kembali bisnisnya di segmen komersial, yaitu memasarkan sasis untuk bus premium. Sebagai bukti, setelah meluncurkan sasis bus paling top, OH 1526 Euro3, pada akhir Januari lalu, disusul dengan OH1521 Euro3.
Khusus untuk peluncuran OH1521 akhir minggu lalu di Bandung, MBI mengundang para pemilik armada di Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera, terutama dari perusahaan otobus (PO) untuk melihat dan mencoba langsung produk bus tersebut. Mereka juga diberi kesempatan mencoba OH1526 yang menggunakan mesin 6 silinder atau kapasitas lebih besar untuk angkutan jarak jauh atau antara propinsi.
PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI), merevitalisasi kembali bisnisnya di segmen komersial, yaitu memasarkan sasis untuk bus premium. Sebagai bukti, setelah meluncurkan sasis bus paling top, OH 1526 Euro3, pada akhir Januari lalu, disusul dengan OH1521 Euro3.
Khusus untuk peluncuran OH1521 akhir minggu lalu di Bandung, MBI mengundang para pemilik armada di Pulau Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera, terutama dari perusahaan otobus (PO) untuk melihat dan mencoba langsung produk bus tersebut. Mereka juga diberi kesempatan mencoba OH1526 yang menggunakan mesin 6 silinder atau kapasitas lebih besar untuk angkutan jarak jauh atau antara propinsi.
Lebih Irit
Sebenarnya, OH1521 bukan produk total baru. Versi yang baru saja diluncurkan menggunakan mesinnya sudah memenuhi standar emisi Euro3 (sebelumnya Euro2). Mesin 4 silinder ini, selain ramah lingkungan, juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Berdasarkan spesifikasi yang dikeluarkan MBI, kendati tenaga mesin tidak berubah, namun torsinya naik 12 persen. Hasilnya, konsumsi bahan bakar lebih irit 36 persen.
Di segmen komersial, saat ini Mercedes-Benz hanya mengandalkan sasis untuk bus. Sedangkan untuk truk, terutama di kelas 2 ton, tidak lagi ikut bermain. “Sudah ada Mitbusihi yang kebetulan saat ini memdominasi pasar truk di Indonesia dan satu grup dengan kita,” jelas Rudi Borgenheimer, CEO dan Presdir PT MBI. Karena itulah, MBI konsentrasi pada sasis bus premium.
Tiga Varian
Saat ini MBI memasarkan tiga jenis sasis untuk bus, yaitu OH 1518, OH 1521 dan 1525 (sekarang digantikan oleh OH1526). Pada kuartal pertama, MBI telah berhasil menjual 130 unit sasis secara ritel, paling banyak adalah OH1525, 115 unit. Menurut MBI dengan penjualan sebanyak itu, Mercedes-Benz menguasai pasar sasis bus 51 persen.
Melihat perkembangan penjualan berbagai kategori kendaraan selama kuartal pertama 2010 dan terjadinya perubahan trendangkutan penumpang ke bus besar, plus makin gencarnya parawisata di Indonesia, MBI yakin tahun ini bisa menjual paling tidak 850 unit sasis bus.
Dijelaskan pula, tiga varian sasis bus yang dipasarkan Mercedes-Benz, OH1518 untuk jarak sedang dan dekat. Sedangkan OH1521 untuk jarak sedang atau parawisata. Sedangkan OH1526 untuk jarak jauh dengan medan lebih berat. “Karena itulah kita menggunakan mesin lebih beasr, 6 silinder. Tenaganya lebih besar dari OH1521 yang diluncurkan sekarang ini,” Rudi.
Kedua sasis bus terbaru ini, dijual dengan harga off-road Rp 599 juta untuk OH1521 dan 639 juta untuk OH1526. Untuk bodi, Mercedes-Benz mempercayai pada beberapa koroseri di Bogor, Magelang dan Malang. “Kendati demikian, kita tetap mengontrol kualitasnya,” jelas Yuniadi H. Hartono, Deputy Pemasaran PT MBI.
Spesifikasi
Mercedes Benz OH 1526
Kali ini Ane akan membahas bus Mercy terbaru yang resmi mondar-mandir di indonesia pada awal 2010. Generasi penerus dari sasis OH1525, yaitu OH1526. Menurut ane banyak PO yang sudah pakai OH1526, baik untuk armada AKAP maupun AKDP
Yang Sangat menarik menurut ane adalah bus ini mampu menghasilkan emisi standar EURO 3. WAW , Ane takjub dah , hehe.
jika dilihat dari speknya, sasis OH1526 merupakan penerus dari pendahulunya, OH1525.
jelas dilihat dari mesinnya masih sama jreg. Tipenya OM906LA 6 silinder sebaris, plus perangkat doping khas mesin diesel turbocharger. Pun ada Intercooler yang bertugas didinginkan airnya yang mampat sebelum ditendang oleh Turbo . Cakep !
Dengan begini OH1526 bisa memproduksi daya hingga 260 hp, dan torsi badak khas diesel sebesar 950 nm@1200-1600 rpm.
Untuk menyalurkan tenaga ke roda, dikaryakanlah sebongkah girbok tipe G-85 pengoperasian manual 6 percepatan maju, dan 1 percepatan mundur.
Yang Sangat menarik menurut ane adalah bus ini mampu menghasilkan emisi standar EURO 3. WAW , Ane takjub dah , hehe.
jika dilihat dari speknya, sasis OH1526 merupakan penerus dari pendahulunya, OH1525.
jelas dilihat dari mesinnya masih sama jreg. Tipenya OM906LA 6 silinder sebaris, plus perangkat doping khas mesin diesel turbocharger. Pun ada Intercooler yang bertugas didinginkan airnya yang mampat sebelum ditendang oleh Turbo . Cakep !
Dengan begini OH1526 bisa memproduksi daya hingga 260 hp, dan torsi badak khas diesel sebesar 950 nm@1200-1600 rpm.
Untuk menyalurkan tenaga ke roda, dikaryakanlah sebongkah girbok tipe G-85 pengoperasian manual 6 percepatan maju, dan 1 percepatan mundur.
MERCEDES BENZ CHASSIS O500R 1836 | OC 500 RF 1836
Engine Model :MB OM 475 LA. III/22 ; Euro III
General Characteristics :6 cylinders, vertical in-line, turbo charged and intercooled
Power max :260 kW (354 cv) @ 2000 rpm
Torque max :1600 Nm @ 1100 rpm
Displacement :11.967 cc
Clutch Model :MFZ 430
Type :Single disc
Actuation :Hydro pneumatic with servo-assistance
Gearbox Model :MB GO 190 Manual with 6-speed transmission
Shifting system :Manual lever, by cables
Synchronized gears :6
Gear ratio :i=8.17/4.65/2.79/1.81/1.25/1.00 and R= 7.68
Maximum speed (km/h) :120 (Limiter)
Maximum ramp capacity (%) :Vehicle loaded ; 48 %
Front Axle Model :Independent RL 75 ETechnical loads :7.100 Kg
Rear Axle Model :MB- HO 6 / 3 DCL(S)-13
Gear Ratio :i=3,154
Technical loads :11.500 Kg
Front Suspensions Type :Pneumatic, with 2 air bellows
Shock absorbers :2 telescopic with double action with Stabilizer bar
Rear Suspensions Type :Pneumatic, with 4 air bellows
Shock absorbers :2 telescopic with double action with Stabilizer bar
Steering Model :ZF 8098 Hydraulic, power assisted
Wheels and Tires:Wheel ring / Tires :8.25x22.5/ 295/80 R 22.5
Alternator :1 X 28 V / 140 A
Battery :2 x 12 V / 200 Ah
Brakes/Safety related :EBS – Electronic Brake System (Wabco), ABS and ASR integrated
Service Brake :Dual circuit full air brake with disc brake front and rear
Parking Brake :Chamber with accumulative spring, pneumatically operated
Nah itu tadi spesifikasi chassis dan engine MB OH 1836 dari tabel di atas bahwasanya Chassis ini memang di peruntukan bagi bis kelas premium yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan dilihat dari suspensi udara yang indipendent (front Axle), dimana Axle depan dapat di bebani hingga 7,1 Ton dan Axle belakang dapat dibebani 11,5 Ton dan sistem pengereman yang sudah menggunakan ABS & EBD..

Mercedes Benz OH 1830:
- Mesin: OM926LA, 6 silinder segaris 7200cc turbo intercooler.
- Transmisi: 6 manual speed. Torsi: 1200nm @ 1400rpm.
- Tenaga: 300hp @2200rpm.
- Gross Vehicle Weight: 18,5 ton.
- Standar Emisi: Euro 3.
- Tipe chassis :Modular-type chassis. Equipped with built-up air suspension (front: 2 air bellow with 4 telescopic shock absorbers, rear: 4 air bellow with 4 telescopic shock absobers).
Chassis bus Mercedes-Benz OH 1830 mengusung mesin 7200cc dengan 6 silinder segaris, yang berstandard Euro 3. Bus ini memiliki torsi yang lebih besar, alias melimpah sebesar 1200 Nm @1400 RPm dengan tenaga maksimum sebesar 300 Hp @pada 2200 RPm.Bus Mercedes Benz OH 1830 ini diklaim mampu memberikan tenaga serta torsi mumpuni dalam mengatasi segala hambatan medan jalan berupa tanjakan-tanjakan terjal maupun jalan berliku yang membutuhkan torsi besar.Mercedes Benz OH 1830 juga dilengkapi dengan chassis Space Frame serta suspensi udara (Air Suspension). Harga jual Mercedes Benz OH 1830 adalah Rp. 919,000,000,- Off The Road (belum termasuk body/karesorinya).
Sekian dari saya, semoga bermanfaat... ^_^
Mercedes Benz OH 1626 :
- Mesin: OM-906LA, 6374cc 6 silinder segaris turbo intercooler.
- Transmisi: G85-6 manual speed. Torsi: 950nm @ 1200-1600rpm.
- Tenaga: 260hp @ 2200rpm. Gross Vehicle Weight: 16 ton.
- Standar Emisi: Euro 3.
- Tipe chassis:Modular-type chassis. Equipped with built-up air suspension (front: 2 air bellow, 2 shock absorbers, rear: 4 air bellow, 2 shock absorbers).
Secara teknis chassis Bus Mercedes Benz OH 1626 bermesin 6374cc dengan 6 silinder segaris, yang berstandard Euro 3, memiliki torsi 950 Nm @1200-1600 RPm,dengan tenaga maksimal 260 Hp @2200 RPm.Bus ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik armada bus yang concern soal kebutuhan bahan bakar yang lebih irit.
Kabar bagusnya, chassis bus OH 1626 juga memiliki kelebihan berupa Space Frame, yang memungkinkan bus ini dibangun dengan kapasitas bagasi bawah yang jauh lebih besar dari pendahulunya tanpa terhalang oleh chassis utama.Info yang saya dapat Mercedes Benz OH 1626 dijual dengan harga Rp. 749,000,000,- Off The Road (Hanya Chassis) belum termasuk dengan harga karoseri.
Sekian dari saya, semoga bermanfaat untuk semuanya... ^_^

Langganan:
Komentar (Atom)